Keluar Asap Putih Pada Knalpot
  • By Admin
  • 01-12-2016
  • 0

Baiklah kali ini kita akan membahas tentang asap putih yang keluar pada dari knalpot motor anda. Asap putih yang keluar pada knalpot anda itu disebabkan oleh ikutnya oli yang terbakar bersama dengan campura bahan bakar dengan udara, sehingga menghasilkan sisa pembakaran berupa asap putih.
Apa penyebabnya? Tentu saja komponen-komponen yang menjaga agar oli mesin tidak bisa masuk ke ruang pembakaran. Antara lain:

Oil Seal Klep
Komponen ini terbuat dari bahan karet dan terletak pada bos klep di head silinder, fungsinya adalah menjaga agar oli yang ada pada head silinder tidak ikut masuk ke ruang bakar, kerusakan pada oil seal klep ini adalah keras/getas, sehingga keelastisannya tidak mampu lagi untuk menahan oli untuk tidak masuk ke ruang bakar. Ciri kerusakan yang di timbulkan adalah keluar asap putih yang tebal saat pertama kali motor di start lalu hilang secara perlahan.

Ring Piston
Komponen ini merupakan bagian terpenting dari sepeda motor dalam menghasilkan tenaga, selain untuk membantu piston dalam mengkompresikan campuran bahan bakar, komponen ini juga menahan oli yang ada di ruang mesin agar tidak masuk ke ruang bakar. Kerusakan ring piston adalah sifatnya yang berubah menjadi agak lentur atau longgar, sehingga tidak mampu lagi menutupi celah yang ada antara piston dengan liner. Ciri kerusakan yang ditimbulkan oleh komponen ini selain tenaga motor berkurang adalah timbul asap putih pada knalpot secara terus-menerus. Cara mendeteksinya adalah dengan mengukur celah ring dengan menggunakan feeler gauge dengan ukuruan tertentu.

Liner
Bagian ini merupakan tempat dimana bahan bakar di tampung sementara sebelum di kompresikan oleh piston, masalah yang sering timbul adalah tergoresnya dinding liner dikarenakan oleh umur pemakaian atau kualitas pelumas yang kurang bagus. Sehingga oli mudah naik ke bagian ruang bakar dengan melewawti celah-celah goresan yang ada pada liner itu sendiri, maka yang terjadi adalah oli akan ikut terbakar bersama dengan campuran bahan bakar. Cara mengatasinya adalah dengan mengoversize liner dengan ukuran yang aman dengan tahapan 25, 50, 75, 100 dan seterusnya sampai mendekati batas aman untuk pergantian liner.

Itulah penyebab keluarnya asap putih pada knalpot motor anda, semoga anda dapat mengatasi masalah tersebut sendiri. Kritik dan saran dari anda akan sangat bermanfaat bagi diri saya. Do It Yourself.

Sumber: Farhan Zulfikar

Komentar 0
Beri Komentar