Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan
  • By Admin
  • 17-12-2015
  • 0

Otosia.com - Indonesia saat ini telah memasuki musim penghujan sehingga pengguna kendaraan diminta waspada dalam berkendara mengingat jalan menjadi licin dan pandangan sedikit terhalang. Selain meningkatkan kewaspadaan, pemilik kendaraan, terutama sepeda motor juga perlu memperhatikan perawatan motor ketika memasuki musim hujan.

Menurut Ridwan Arifin, Service – Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), pada dasarnya perawatan motor saat musim panas dan hujan tidak jauh berbeda, hanya saja untuk motor matik perlu diperhatikan area CVT.

"Perawatan saat musim penghujan pada umumnya sama seperti saat musim kering, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat musim hujan tiba," buka Ridwan kepada Otosia.

Setidaknya ada 3 poin penting melakukan perawatan motor di saat menghadapi musim hujan. Ketiga poin tersebu adalah:

1.Segera bilas sepeda motor dengan air sumur/tanah jika sudah terkena air hujan, karena air hujan mengandung asam yang akan menyebabkan karat atau cat sepeda motor menjadi rusak.

2.Beri pelumas pada rantai. Biasanya rantai akan cepat kering jika sudah digunakan pada kondisi hujan.

3.Hindari meletakkan jas hujan (biasanya jenis ponco) di depan lampu utama karena akan menyebabkan lensa lampu utama menjadi mengerut/berubah bentuk.

Lantas komponen-komponen motor apa saja yang harus menjadi pusat perhatian saat musim hujan? Ini kiat dari Ridwan:

1.Pastikan kondisi ban dalam kondisi yang baik. Perhatikan ketebalan dan tekanan angin ban dalam kondisi yang standar untuk mencegah slip.

2.Periksa kondisi rem depan dan belakang, bersihkan rem dari debu, dan lakukan penggantian jika sudah aus/masa pakai habis.

3.Pastikan pada bagian kelistrikan terlindungi dengan baik, untuk menghindari terjadinya short/konslet.

Sumber: http://www.otosia.com/tips/tips-sederhana-merawat-motor-saat-musim-hujan.html

Komentar 0
Beri Komentar